RPP KELAS 1 TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 2 KEMLOKOLEGI
Kelas / Semester : I ( Satu ) / II
Tema 7 : Benda,
Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub Tema 1 : Benda
Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 35 Menit
Hari / Tgl Pelaksanaan : .....................
/ ........................
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan
menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD) DAN IPK
PPKn
1.1. Mensyukuri diterapkannya bintang, rantai, pohon beringin,kepala banteng,
dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda pancasila”.
2.1.
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut
dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.1. Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang
negara “Garuda Pancasila”.
4.1.
Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila.
Indikator :
§ Menyebutkan
simbol sila ke- 4 Pancasila dengan benar.
§ Menunjukkan
simbol sila ke- 4 Pancasila dengan benar.
§ Mendeklamasikan
bunyi sila ke- 4 Pancasila.
Bahasa Indonesia
3.6. Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair
lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.6. Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan dibantu
dengan bahasa daerah mengenai berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam
teks tulis sederhana.
Indikator :
§ Menunjukkan
kosa kata tentang berbagai jenis benda dilingkungan sekitar secara lisan dengan
tepat.
§ Menunjukkan
kosa kata yang berkaitan dengan benda hidup dan tak hidup dengan benar.
§ Menggunakan
kosa kata tentang berbagai jenis benda dilingkungan sekitar secara lisan dengan
tepat.
§ Menggunakan
kosa kata tentang berbagai jenis benda dilingkungan sekitar secara ltertulis
dengan tepat.
SBdP
3.2. Mengenal elemen musik melalui Lagu.
4.2. Menirukan elemen musik melalui lagu.
Indikator :
§ Membedakan
panjang pendek bunyi dengan benar.
§ Mempraktikkan
panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu dengan benar.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan Setelah
menyanyikan lagu, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi dengan benar.
2. Setelah
mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan panjang pendek bunyi dalam sebuah
lagu dengan benar.
3. Setelah
membaca teks lagu, siswa dapat menunjukan kosa kata tentang berbagai jenis
benda di lingkungan sekitar secara lisan
dengan tepat.
4. Setelah
membaca teks, siswa dapat menujukkan kosa kata yang berkaitan dengan benda
hidup dan tak hidup dengan benar.
5. Melalui
kegiatan identifikasi gambar benda, siswa dapat menggunakan kosa kata tentang
berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dengan tepat.
6. Setelah
berdiskusi, siswa dapat menggunakan
kosa kata tentang berbagai jenis
benda di lingkungan sekitar secara tertulis dalam kalimat dengan tepat.
7. Setelah
mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menyebutkan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
8. Setelah
mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menunjukkan simbol sila
keempat Pancasila dengan benar.
9. Setelah
mengamati contoh, siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kelima Pancasila.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. MATERI PEMBELAJARAN
§
Bernyanyi Topi Saya Bundar.
§
Membedakan panjang pendek bunyi.
§
Membedakan benda hidup dan benda tak
hidup.
§
Mengenal simbol dan bunyi sila ke- 4
Pancasila.
§
Mendeklamasikan bunyi sila ke- 4
Pancasila
E. METODE
PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Refleksi,
resitasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
·
Guru memberikan salam.
·
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh
salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang
hari ini datang paling awal. (Menghargai
kedisiplikan siswa/PPK).
·
Siswa diingatkan untuk selalu
mengutamakan sikap disiplin
setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
·
Guru mengecek kehadiran siswa.
·
Menyanyikan lagu nasional. Guru
memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
·
Guru melakukan pembiasaan membaca
15 menit kepada siswa.( Kemandirian
siswa dalam mengembangkan wawasan melalui kegiatan literasi)
·
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak.
·
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
·
Guru melakukan apersepsi.
Ø Mengidentifikasi kelengkapan seragam
Ø Menyebutkan benda-benda yang digunakan saat pergi ke
sekolah.
Ø Salah satu atribut yang digunakan ke sekolah adalah
topi.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
“ Setelah kegiatan pembelajaran hari ini diharapkan kalian dapat bernyanyi
laguTopi Saya Bundar sesuai dengan panjang pendek bunyi, membedakan benda
hidup dan tak hidup dan mengenal simbol, bunyi sila Pancasila.”
·
Guru menyampaikan apa saja yang akan dilakukan dalam
pembelajaran kali ini.
“ Hari ini kita akan bernyanyi, berdiskusi dan mengamati.”
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Ayo Bernyanyi
·
Mendengarkan guru menyanyikan lagu” Topi Saya Bundar”, siswa
mengidentifikasi perbedaan panjang bunyi dari lagu yang diperdengarkan.
·
Siswa mengamati guru yang memberikan contoh cara menyanyi lagu “Topi Saya
Bundar.”
·
Siswa berlatih menyanyikan lagu “Topi Saya Bundar.”
( Kemandirian dalam
mengembangkan wawasan melalui kegiatan penerapan konsep)
·
Siswa memperhatikan tanda yang ada pada lirik lagu.
·
Siswa membaca kembali teks lagu dan teks tentang benda hidup dan benda
tak hidup.
·
Siswa berdiskusi benda yang disebutkan dalam teks lagu. Selanjutnya,
menentukan termasuk benda hidup atau tak hidup.
·
Siswa berdiskusi tentang benda lain yang memiliki kesamaan dengan topi,
baik kesamaan fungsi ataupun kesamaan ciri.
Ayo Berlatih
·
Setelah mengenal perbedaan benda hidup dan tak hidup, siswa mengamati
berbagai benda yang ada di sekitar. Kemudian siswa mengelompokkan ke dalam
benda hidup dan tak hidup.
·
Siswa mengamati berbagai gambar benda, lalu menggunting dan menempel pada
tempat yang tersedia.
·
Siswa mengidentifikasi keberadaan benda di kelas sesuai daftar yang
diberikan.
·
Siswa melengkapi kalimat sesuai dengan materi yang sedang dipelajari.
( Kemandirian dalam
mengembangkan wawasan melalui kegiatan penerapan konsep)
Ayo Mengamati
·
Salah satu benda yang ada di kelas adalah lambang negara Garuda
Pancasila.
·
Lambang negara Garuda Pancasila memiliki 5 sila dengan bunyi dan lambang
masing-masing.
·
Lambang sila ke-4 adalah kepala banteng.
·
Bunyi sila ke-4 adalah Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan
dalam permusyawaratan/perwakilan
·
Sebagai tambahan, bisa juga dilakukan kegiatan lomba menunjukkan atau
menyusun gambar lambang negara Pancasila.
( Kemandirian dalam
mengembangkan wawasan melalui kegiatan penerapan konsep)
Ayo Berlatih
·
Siswa mengamati contoh mendeklamasikan sila ke-4.
·
Siswa mendeklamasikan bunyi sila ke-
4 secara bergantian.
|
20
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
·
Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi hari itu.
Dalam kegiatan refleksi guru memberikan beberapa pertanyaan berikut ini.
Ø Apa yang kamu pelajari hari ini?
Ø Bagaimana perasaanmu saat kegiatan
Ø Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
Ø Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih
lanjut?
Ø Bagaimana caramu untuk mendapatkan
informasi tersebut?
·
Siswa membuat
kesimpulan dibimbing guru kemudian dilaksanakan kegiatan remedial dan
pengayaaan. ( Integritas dalam
menerapkan konsep ilmu yang didapat)
·
Kegiatan diakhiri dengan mencatat
apa yang dibutuhkan untuk keesokan harinya tugas pembelajaran keesokan harinya.
·
Kegiatan ditutup dengan membaca
doa penutup sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. (
Religius dengan mengimplementasikan nilai keimanan dalam kehidupan sehari-
hari)
·
Guru menutup pembelajaran dengan
mengucapkan salam.
|
5
menit
|
G. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman
Guru Tema : Benda, Hewan dan Tanaman di
Sekitarku Kelas I (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡
Buku Siswa Tema : Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Kelas I (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡
Benda-benda di sekitar lingkungan
kelas.
¡
Gambar benda hidup dan tak hidup
¡
Lem dan gunting
H. PENILAIAN PROSES
DAN HASIL BELAJAR
§
Teknik : Penilaian autentik 3
Ranah Pendidikan dalam bentuk :
1.
Penialaian sikap : Ketaatan beribadah, Perilaku
Bersyukur, Kebiasaan Berdoa, dan Toleransi.
2.
Penilaian pengetahuan : Daftar
periksa skor
3.
Penilaian
keterampilan : Penugasan,
tanya jawab, diskusi, permainan, dan ceramah.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
NIP.
|
…………, …….....…….2019
Guru
Kelas I
NIP.
|
Lampiran
Penilaian
1.
Instrumen
Penilaian
a.
Lembar
Observasi Penilaian Sikap Spiritual
Nama
Peserta Didik
|
Ketaatan
Beribadah
|
Perilaku
Bersyukur
|
Kebiasaan
Berdoa
|
Toleransi
|
|||||
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
||
1
|
ALYKA
PUTRI R.
|
||||||||
2
|
AMIRUL
HIZAM R.
|
||||||||
3
|
APRILLIANO
YUSUF A.
|
||||||||
4
|
CLAUDIA
ANGELY R.
|
||||||||
5
|
DHARMASKA
KA.
|
||||||||
6
|
DINDA
MAYA P.
|
||||||||
7
|
FARIDA
NUR AINI
|
||||||||
8
|
HAFIZAM
BSA.
|
||||||||
9
|
INDRA
ANDREAS M.
|
||||||||
10
|
IQBAAL
AR-RASYIID K.
|
||||||||
11
|
JESSICA
SEPTIA M.
|
||||||||
12
|
NANDA
ALAM N.
|
||||||||
13
|
NISA’UL
JUFAN NUR H.
|
||||||||
14
|
NISRINA
FAUZIYAH
|
||||||||
15
|
M.
REIZKYANSYAH
|
||||||||
16
|
M.
ARDAN MAULANA
|
||||||||
17
|
MUHAMMAD
RAKA R.
|
||||||||
18
|
REVA
POPPI A.
|
||||||||
19
|
RISKI
ADITIA R.
|
||||||||
20
|
SELY
LIVIO DIONICHA
|
||||||||
21
|
SEVIA
EKA AYU P.
|
||||||||
22
|
TALITHA
JULIE K.
|
||||||||
Keterangan
:
BS : Baik Sekali
PB : Perlu Bimbingan
b. Lembar
Observasi Penilaian Sikap Sosial
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Santun
|
Peduli
|
Percaya
Diri
|
||||||
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
BS
|
PB
|
||
1
|
ALYKA
PUTRI R.
|
||||||||||||
2
|
AMIRUL
HIZAM R.
|
||||||||||||
3
|
APRILLIANO
YUSUF A.
|
||||||||||||
4
|
CLAUDIA
ANGELY R.
|
||||||||||||
5
|
DHARMASKA
KA.
|
||||||||||||
6
|
DINDA
MAYA P.
|
||||||||||||
7
|
FARIDA
NUR AINI
|
||||||||||||
8
|
HAFIZAM
BSA.
|
||||||||||||
9
|
INDRA
ANDREAS M.
|
||||||||||||
10
|
IQBAAL
AR-RASYIID K.
|
||||||||||||
11
|
JESSICA
SEPTIA M.
|
||||||||||||
12
|
NANDA
ALAM N.
|
||||||||||||
13
|
NISA’UL
JUFAN NUR H.
|
||||||||||||
14
|
NISRINA
FAUZIYAH
|
||||||||||||
15
|
M.
REIZKYANSYAH
|
||||||||||||
16
|
M.
ARDAN MAULANA
|
||||||||||||
17
|
MUHAMMAD
RAKA R.
|
||||||||||||
18
|
REVA
POPPI A.
|
||||||||||||
19
|
RISKI
ADITIA R.
|
||||||||||||
20
|
SELY
LIVIO DIONICHA
|
||||||||||||
21
|
SEVIA
EKA AYU P.
|
||||||||||||
22
|
TALITHA
JULIE K.
|
||||||||||||
c. Penilian Pengetahuan
Instrumen
penilaian : tes tertulis : Skor
·
Mengisi titik-titik
sesuai dengan pernyataan yang benar
Jumlah
soal : 2 buah
Skor
maksimal : 100
Skor
tiap jawaban : 50
·
Pengelompokkan benda
hidup dan tak hidup
Jumlah
soal :
10 buah
Skor
maksimal : 100
Konvensi Nilai
(Skala 0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB (Sangat Baik)
|
66-80
|
B
|
B (Baik)
|
51-66
|
C
|
C (Cukup)
|
0-50
|
D
|
K (Kurang)
|
d. Keterampilan
·
Penilaian Unjuk Kerja
·
Rubrik Penilaian Menyanyi untuk Membedakan
Panjang Pendek Bunyi.
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
(86-100)
|
Baik
(71-85)
|
Cukup
(61-70)
|
Perlu Bimbingan
(≤ 60)
|
1
|
Membedakan panjang dan pendek bunyi saat menyanyi
|
Seluruh bagian dinyanyikan secara tepat sesuai
dengan panjang pendek bunyi
|
Ada 1-2 bagian dinyanyikan dengan kurang tepat
sesuai panjang dan pendek bunyi
|
Ada 3-4 bagian dinyanyikan dengan kurang tepat
sesuai panjang dan pendek bunyi.
|
Belum mampu menyanyi sesuai panjang dan pendek
bunyi.
|
2
|
Ekspresi
|
Penghayatan sesuai dengan isi lagu, percaya diri,
ekspresif, suara terdengar jelas.
|
Memenuhi 3 kriteria.
|
Mememnuhi 2 kriteria
|
Memenuhi 1 kriteria.
|
·
Penilaian Unjuk Kerja
Rubrik penilaian mendeklamasikan bunyi sila ke-4
Pancasila (Contoh Rubrik diambil dari tema 7 subtema 1 pembelajaran 1)
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
(86-100)
|
Baik
(71-85)
|
Cukup
(61-70)
|
Perlu Bimbingan
(≤ 60)
|
1
|
Penguasaan Isi Bunyi sila ke-4
|
Siswa hafal seluruh bunyi sila ke-4 Pancasila
|
Ada 1 kata tidak hafal/tida sesuai
|
Hanya setengah bunyi sila ke-4 Pancasila yang
dikuasai
|
Siswa belum hafal bunyi sila ke-4 Pancasila
|
2
|
Suara dan Intonasi
|
Suara lantang dan intoasi sesuai dilakukan secara
konsisten
|
Suara lantang dan intonasi sesuai tetapi tidak
konsisten
|
Salah satu kriteria tidak terpenuhi
|
Belum mampu mendeklamasikan bunyi sila ke-4
Pancasila
|
Lampiran Lembar
Kerja Siswa
a.
Tugas Kelompok
b.
Tugas individu
Lampiran Media Pembelajaran
Komentar
Posting Komentar