RPP TATA TERTIB KELAS 1
TUGAS AKHIR
PEMECAHAN MASALAH PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
Di susun guna memenuhi tugas akhir mata kuliah
pemecahan masalah pendidikan kewraganegaraan

Rahma Nur Maulina
13.1.01,10.0232
3F
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
TAHUN AJARAN 2015/2016
1. Analisis
kesenjangan antara fakta perilaku dilapangan dan nilai yang dianut, min 5
bentuk keenjangan.
No
|
Bentuk Kesenjangan
|
Penyebab
|
Solusi
|
1
|
Pembunuhan/
Kriminalitas
|
Minimnya
pengetahuan, Terjadi karenan memiliki rasa dendam kepda korban yang dibunuh.
|
Membiasakan
hidup rukun kepada sesama daan menjauhi rasa dendam.
|
2
|
Pelecehan
seksual
|
Terjadi
karena tergodda dengan wanita yang berpakaian minim serta pelaku kurang
pendidikan agama
|
Menghindari
berpakaian minim serta menanamkan pendidikan agama yang kuat.
|
3
|
Maraknya
korupsi
|
karena
akibat memiliki gaya haidup yang tinggi
|
Mingkatkan
rasa sykur terhadap yang dimiliki sendir, tidak mudah iri dengan yang dimiliki
orang lain, mengutamakan kebutuhan primer dan sekunder.
|
4
|
Pergaulan
bebas
|
Karena
pengaruh lingkungan, kurang pendidikan agama, kurang penanaman sikap yang
baik dari keluarga dan pengawasan dari orang tua.
|
Menanamkan
pendidikan agama sejak kecil, orang tua melakukan pengawasan dan mengingatkan
anak apabila melakukan kesalahan.
|
5
|
Perbedaan
antara masyarakat kaya dan masyarakt miskin.
Contohnya:
masyarakat kaya kurang menghargai masyarakat miskin dan memandang masyarakat
miskin rendah.
|
Karena
perbedaan dalam kualitas hidup yang tinggi, berbeda status sosial dalam
bergaul.
|
Antara
sesama harus saling mengahaargai, memahami/ menerapkan sikap solidaritas
antar sesama sejak dini
|
2. Membuat
RPP dengan ketentuan :
1) Indikator
minimal kognitif dan afektif
2) Langkah
pembelajaran VCT atau Konsiderasi
3) Penilaian
harus memuat penilaian sikap, dengan kriteria pada rubiknya terukur dan jelas.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBLAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN
Kelas
/ Semester : I / I
Mata
Pelajaran : Pkn
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi
2. Membiasakan
tertib di rumah dan di sekolah
B.
Kompetensi
Dasar
2.1. Menjelaskan tata tertib di rumah dan di
sekolah
C.
Indikator
Kognitf
2.1. Menjelaskan pengertian tata tertib.
2.2. Menyebutkan tata tertib di sekolah.
2.3. Menyebutkan tata tertib di rumah.
Afektif
2.4.
Menunjukkan sikap kerjasama dalam berdiskusi.
2.5.
Menunjukkan sikap percaya diri dalam berdiskusi.
D.
Langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan (Langkah-
Langkah)
|
Alokasi Waktu
|
|||||||||
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode
|
||||||||||
Kegiatan Awal
|
Ø Guru
membuka pelajaran dengan salam dilanjutkan dengan berdoa yang di pimpin
perwakilan siswa.
Ø Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
Ø Guru
melakukan apersepsi dengan
mengarahkan siswa kepada materi dengan bertanya.
“dengan menunjukkan sekilas gambar tetang mematuhi tata tertib
dan tidak mematuhi tata tertib.”
Ø Guru
menyampaikan info materi
“ hari ini kita akan belajar tentang
tata tertib.”
Ø Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
“ setelah pembelajaran kali ini kalian
diharapkan dapat melaksanakan tata tertib yang ada.”
Ø Guru
menyampaikan apa saja kegiatan
pembelajaran yang akan di lakukan hari ini.
“ kali ini kita akan mengamati gambar,
berdiskusi, membaca teks dan membuat karya”.
|
Tanya
Jawab
Ceramah
Ceramah
Ceramah
|
10 menit
|
||||||||
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi:
·
Siswa mengamati gambar lagi tentang
mematuhi tata tertib dan tidak meamtuhi tata tertib.
Elaborasi
· Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok tiap kelompok beranggotakan 4 – 6 orang
siswa.
·
Siswa diminta memilih satu gambar lalu
menentukan termasuk gambar tertib atau tidak tertib.
·
Siswa diminta memberikan alasan
tentang gambar tersebut.
·
Setiap kelompok diminta mengelompokkan
gambar yang ada dalam tabel dan di berikan alasan.
·
Setiap kelompok diberikan kesempatan
membacakan hasil diskusinya dengan percaya diri.
·
Kelompok yang lain menanggapi atau
menambahkan jawaban.
Konfirmasi
·
Melalui hasil diskusi siswa guru
menyampaikan materi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
·
Siswa melengkapi dan membenarkan jawaban berdasarkan penjelasan dari guru.
·
Guru memberikan pengutan atau rewerd.
|
Tanya
Jawab
Ceramah
Diskusi
kelompok
Presentasi
Diskusi
kelas
Tanya
jawab
Ceramah
|
45 menit
|
||||||||
Kegiatan Penutup
|
Ø Guru
membuat kesimpulan tentang pembelajaran kali ini.
“hari ini kita sudah belajar apa saja
anak- anak?“
“ apa itu tata tertib? Apa contoh tata
tertib di rumah?”
Ø Guru
memberikan soal evaluasi kepada siswa.
“ sekarang ibu punya sesuatu buat
kalian. Siapa yang mau..?”
Ø Guru meminta siswa memberikan kesan dan pesan dalam pembelajaran kali
ini.
Ø Guru
memberikan tugas rumah.
“ untuk tugas dirumah nanti kalian kerjakan
soal latihan yang berkaitan dengan tata tertib.”
Ø Guru
memberikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
“anak- anak untuk materi selanjutnya
kalian akan belajar tentang hidup
rukuni. Jangan lupa di baca ya.”
Ø Guru
meminta salah satu siswa memimpin doa.
Ø Guru
menetup pertemuan dengan doa.
|
Tanya Jawab
Penugasan
Tanya jawab
Punugasan
Ceramah
|
15 Menit
|
E.
Materi
Ajar
Tata
tertib di rumah
Cerita
joko tinggal
di rumah dani
joko adalah
sepupu dani
joko juga
teman satu kelas dani
dani dan joko
menempati kamar yang berbeda
|
|
ini kamar dani
kamar
dani tampak bersih
kamar
dani selalu disapu
kamar dani
tertata rapi
pakaian tas
dan sepatu juga tertata rapi
dani terbiasa
hidup bersih dan tertib
|
|
ini kamar joko
kamar joko
tidak tertata rapi
joko malas
merapikan kamarnya
tas dan
pakaian diletakkan seenaknya
joko juga
malas menyapu kamarnya
joko tidak terbiasa hidup bersih dan
tertib
|
|
malam hari
dani belajar
dani
mengerjakan pr dari bu guru
dani juga membaca
buku pelajaran
pagi hari dani
sudah bangun
malam hari
joko menonton televisi
joko tidak
mengerjakan pr dari bu guru
joko
bangun kesiangan
|
|
F.
Media
Pembelajaran
G.
Penilaian
Soal Evaluasi
1. Membuang
sampah sebaiknya di ....
a. Tong
sampah
b. Lantai
c. Halaman
2. Murid
harus ....... tata tertib sekolah.
a. Melupakan
b. Mematuhui
c. Melanggar
3. Sebelum
masuk rumah sebaiknya......
a. Langsung
masuk rumah.
b. Diam
saja
c. Menngetuk
pintu dan salam
4. Jika
ada teman membuang sampah sembarangan sebaiknya kita...
a. Pura-pura
tidak tahu
b. Menegurnya
c. Melihatinya
5. Murid
mengikuti upacara bendera hari ....
a. Senin
b. Selasa
c. Rabu
Kunci
Jawaban:
1) A
2) B
3) C
4) B
5) A
Kriteria
:
·
Satu soal benar mendapat skor 1
·
Salah tmendapat sekor 0
·
Jumlah skor maksimal 5
Penilaian Afektif
Skor
|
Kriteria
|
|
Percaya diri
|
Bekerjasama
|
|
3
|
Jika siswa maju tanpa ditunjuk guru
|
Siswa
mampu bekerja sama secara mandiri
|
2
|
Jika
siswa ditunjuk mau maju
|
Siswa
bekerjasama jika guru meminta
|
1
|
Jika
siswa ditunjuk maju tidak mau
|
Siswa
asyik bermain sendiri
|
Penilaian Afektif
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Percaya Diri
|
Bekerjasama
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor
maksimal : 6
NILAI
= 

Komentar
Posting Komentar