RPP TATA TERTIB KELAS 1



TUGAS AKHIR

PEMECAHAN MASALAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Di susun guna memenuhi tugas akhir mata kuliah pemecahan masalah pendidikan kewraganegaraan


UN PGRI



Rahma Nur Maulina
13.1.01,10.0232
3F







FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
TAHUN AJARAN 2015/2016


1.      Analisis kesenjangan antara fakta perilaku dilapangan dan nilai yang dianut, min 5 bentuk keenjangan.

No
Bentuk Kesenjangan
Penyebab
Solusi
1
Pembunuhan/ Kriminalitas
Minimnya pengetahuan, Terjadi karenan memiliki rasa dendam kepda korban yang dibunuh.
Membiasakan hidup rukun kepada sesama daan menjauhi rasa dendam.
2
Pelecehan seksual
Terjadi karena tergodda dengan wanita yang berpakaian minim serta pelaku kurang pendidikan agama
Menghindari berpakaian minim serta menanamkan pendidikan agama yang kuat.
3
Maraknya korupsi
karena akibat memiliki gaya haidup yang tinggi
Mingkatkan rasa sykur terhadap yang dimiliki sendir, tidak mudah iri dengan yang dimiliki orang lain, mengutamakan kebutuhan primer dan sekunder.
4
Pergaulan bebas
Karena pengaruh lingkungan, kurang pendidikan agama, kurang penanaman sikap yang baik dari keluarga dan pengawasan dari orang tua.
Menanamkan pendidikan agama sejak kecil, orang tua melakukan pengawasan dan mengingatkan anak apabila melakukan kesalahan.
5
Perbedaan antara masyarakat kaya dan masyarakt miskin.
Contohnya: masyarakat kaya kurang menghargai masyarakat miskin dan memandang masyarakat miskin rendah.
Karena perbedaan dalam kualitas hidup yang tinggi, berbeda status sosial dalam bergaul.
Antara sesama harus saling mengahaargai, memahami/ menerapkan sikap solidaritas antar sesama sejak dini



2.      Membuat RPP dengan ketentuan :
1)      Indikator minimal kognitif dan afektif
2)      Langkah pembelajaran VCT atau Konsiderasi
3)      Penilaian harus memuat penilaian sikap, dengan kriteria pada rubiknya terukur dan jelas.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBLAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SDN
Kelas / Semester          : I / I
Mata Pelajaran            : Pkn
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi
2. Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah
                                                                                          
B.     Kompetensi Dasar
2.1.   Menjelaskan tata tertib di rumah dan di sekolah

C.    Indikator
Kognitf
2.1.  Menjelaskan pengertian tata tertib.
2.2.  Menyebutkan tata tertib di sekolah.
2.3.  Menyebutkan tata tertib di rumah.
Afektif
2.4. Menunjukkan sikap kerjasama dalam berdiskusi.
2.5. Menunjukkan sikap percaya diri dalam berdiskusi.

D.    Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan (Langkah- Langkah)
Alokasi Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Metode
Kegiatan Awal
Ø  Guru membuka pelajaran dengan salam dilanjutkan dengan berdoa yang di pimpin perwakilan siswa.
Ø  Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
Ø  Guru melakukan apersepsi dengan mengarahkan siswa kepada materi dengan bertanya.
“dengan menunjukkan  sekilas gambar tetang mematuhi tata tertib dan tidak mematuhi tata tertib.”
Ø  Guru menyampaikan info materi
“ hari ini kita akan belajar tentang tata tertib.”
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
“ setelah pembelajaran kali ini kalian diharapkan dapat melaksanakan tata tertib yang ada.”
Ø  Guru menyampaikan apa saja kegiatan pembelajaran yang akan di lakukan hari ini.
“ kali ini kita akan mengamati gambar, berdiskusi, membaca teks dan membuat karya”.




Tanya Jawab


Ceramah


Ceramah



Ceramah
10 menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
·         Siswa mengamati gambar lagi tentang mematuhi tata tertib dan tidak meamtuhi tata tertib.
Elaborasi
·      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok tiap kelompok beranggotakan 4 – 6 orang siswa.
·         Siswa diminta memilih satu gambar lalu menentukan termasuk gambar tertib atau tidak tertib.
·         Siswa diminta memberikan alasan tentang gambar tersebut.
·         Setiap kelompok diminta mengelompokkan gambar yang ada dalam tabel dan di berikan alasan.
Hidup tertib di rumah
Hidup tidak tertib di rumah








Hidup tertib di sekolah
Hidup tidak tertib di sekolah







·         Setiap kelompok diberikan kesempatan membacakan hasil diskusinya dengan percaya diri.
·         Kelompok yang lain menanggapi atau menambahkan jawaban.
Konfirmasi
·         Melalui hasil diskusi siswa guru menyampaikan materi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
·         Siswa melengkapi dan membenarkan  jawaban berdasarkan penjelasan dari guru.
·         Guru memberikan pengutan atau rewerd.


Tanya Jawab


Ceramah




Diskusi kelompok













Presentasi
Diskusi kelas
Tanya jawab

Ceramah 
45 menit
Kegiatan Penutup
Ø  Guru membuat kesimpulan tentang pembelajaran kali ini.
“hari ini kita sudah belajar apa saja anak- anak?
“ apa itu tata tertib? Apa contoh tata tertib di rumah?”
Ø  Guru memberikan soal evaluasi kepada siswa.
“ sekarang ibu punya sesuatu buat kalian. Siapa yang mau..?”
Ø  Guru  meminta siswa memberikan  kesan dan pesan dalam pembelajaran kali ini.
Ø  Guru memberikan tugas rumah.
“ untuk tugas dirumah nanti kalian kerjakan soal latihan yang berkaitan dengan tata tertib.”
Ø  Guru memberikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
“anak- anak untuk materi selanjutnya kalian akan belajar tentang  hidup rukuni. Jangan lupa di baca ya.”
Ø  Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.
Ø  Guru menetup pertemuan dengan doa.
Tanya Jawab

Penugasan


Tanya jawab

Punugasan


Ceramah 
15    Menit
E.     Materi Ajar
Tata tertib di rumah
Cerita
joko tinggal di rumah dani
joko adalah sepupu dani
joko juga teman satu kelas dani
dani dan joko menempati kamar yang berbeda


ini kamar dani
kamar dani tampak bersih
kamar dani selalu disapu
kamar dani tertata rapi
pakaian tas dan sepatu juga tertata rapi
dani terbiasa hidup bersih dan tertib

ini kamar joko
kamar joko tidak tertata rapi
joko malas merapikan kamarnya
tas dan pakaian diletakkan seenaknya
joko juga malas menyapu kamarnya
joko tidak terbiasa hidup bersih dan tertib

malam hari dani belajar
dani mengerjakan pr dari bu guru
dani juga membaca buku pelajaran
pagi hari dani sudah bangun
malam hari joko menonton televisi
joko tidak mengerjakan pr dari bu guru
joko bangun kesiangan








F.     Media Pembelajaran
          
G.    Penilaian
Soal  Evaluasi
1.      Membuang sampah sebaiknya di ....
a.       Tong sampah
b.      Lantai
c.       Halaman
2.      Murid harus ....... tata tertib sekolah.
a.       Melupakan
b.      Mematuhui
c.       Melanggar
3.      Sebelum masuk rumah sebaiknya......
a.       Langsung masuk rumah.
b.      Diam saja
c.       Menngetuk pintu dan salam
4.      Jika ada teman membuang sampah sembarangan sebaiknya kita...
a.       Pura-pura tidak tahu
b.      Menegurnya
c.       Melihatinya
5.      Murid mengikuti upacara bendera hari ....
a.       Senin
b.      Selasa
c.       Rabu

Kunci Jawaban:
1)      A
2)      B
3)      C
4)      B
5)      A
Kriteria :
·         Satu soal  benar mendapat skor 1
·         Salah tmendapat sekor 0
·         Jumlah skor maksimal 5

Penilaian Afektif
Skor
Kriteria
Percaya diri
Bekerjasama
3
 Jika siswa maju tanpa ditunjuk guru
Siswa mampu bekerja sama secara mandiri
2
Jika siswa ditunjuk mau maju
Siswa bekerjasama jika guru meminta
1
Jika siswa ditunjuk maju tidak mau
Siswa asyik bermain sendiri

Penilaian Afektif
No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Percaya Diri
Bekerjasama
1.





2.





3.





4.





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15





16





17





18





19





20


















Skor maksimal : 6

NILAI =

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tembang Pocung Sing Mujudake Cangkriman

RPP KELAS 1 TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1

Jenis- Jenis Majas & Sarana Retorika