RPP Kelas 2 tema bermain di lingkunganku subtema bermain di lingkungan sekolahku pem 4



TUGAS PEMBELAJARAN PKN DI SD
MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


























Kelas             :  2F
Anggota  Kelompok :
1.      AIIMATUS SHOLIKAH
2.      RAHMA NUR MAULINA
3.      PUTRA HARISMA L.
4.      ERIN





Universitas Nusantara PGRI kediri
Prodi PGSD
2013/2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                       : SD Negeri Suka Rame
Tema                           : bermain di lingkunganku
Subtema                      : bermain di lingkungan sekolahku
Kelas / Semester          : II / 1
Pembelajaran Ke         : 4
Alokasi Waktu            :  1 x 35 menit

A.    Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  1. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
  2. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
  3. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator :
PPKN
3.4 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
3.3.5 Menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan jenis kelamin.
3.3.6 Menyebutkan keberagamn teman-teman satu kelas berdasarkan kegemaran.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah
4.3.6 Menceritakan perilaku rukun dengan teman di sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, sifat(karakter), agama dan suku bangsa.

Bahasa Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.6 Menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

SBDP
3.3  Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik
3.3.1 Bernyanyi lagu gundul-gundul pacul

C.    Tujan Pembelajaran
Ø  Dengan mendengarkan penjelasan guru tentang lagu-lagu daerah, siswa dapat menyebutkan lagu daerah tempat tinggal mereka dengan percaya diri dan bertanggung jawab.
Ø  Dengan mendengarkan penjelasan guru terkait lagu gundul-gundul pacul, siswa dapat menunjukkan asal lagu Gundhul Pacul dengan cermat dan percaya diri.
Ø  Setelah melihat video tentang lagu “Gudhul Pacul”, siswa dapat melengkapi lirik lagu “Gundhul Pacul”  dengan tapat.
Ø  Dengan melakukan kegiatan melengkapi lirik lagu yang kosong, siswa dapat menyanyikan lagu “Gundhul Pacul”  secara bersama- sama dengan percaya diri.
Ø  Setelah melihat Video tentang permaianan “  Kayu Malele “ siswa dapat mengurutkan gambar permainan “  Kayu Malele “ dari awal hingga akhir  dengan cermat.
Ø  Dengan  mengamati video dan mengurutkan gambar  permaianan “ Kayu Malele”, siswa dapat mendiskripsikan permainan “ Kayu Malele “ dengan benar.
Ø  Dengan mendiskripsikan permainan “Kayu Malele”, siswa dapat membacakan cerita narasi di depan kelas dengan percaya diri.
Ø  Setelah mendeskripsikan permainan “Kayu Malele” siswa dapat menyebutkan 3 pesan yang terkandung dalam permainan “Kayu Malele” dengan tepat.
Ø  Dengan tanya jawab terkait hobi temannya, siswa dapat menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelompok berdasarkan jenis kelamin dengan cermat dan percaya diri.

D.    Materi Pokok
1.      Mengidentifikasi berbagai lagu daerah.
2.      Menyebutkan asal lagu gundhul pacul.
3.      Melengkapi lirik lagu yang masih kosong.
4.      Menyanyikan lagu gundhul pacul.
5.      Mengurutkan gambar permainan kayu malele.

E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi            : Cooperative Learning
Teknik             : Example Non Example, picture and picture
Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
a.       Media                         :
Ø  Vidio dan lirik lagu “gundul-gundul pacul”
Ø  Vidio permainan kayu malele
Ø  Gambar acak aktivitas permainan kayu malele
b.      Alat                             :
Ø  Kertas manila
Ø  selotip
c.       Sumber belajar          :
Ø  Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 2 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).

G.    Langkah- Langkah
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiaan Pendahuluan
·         Guru membuka pelajaran dengan salam dilanjutkan dengan berdoa yang di pimpin perwakilan siswa.
·         Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
·         Guru melakukan apersepsi dengan mengarahkan siswa kepada materi dengan bertanya.
“Selamat pagi anak-anak…? Bagaimana keadaan kalian hari ini? ”Nah sekarang ibu ingin bertanya pada kalian semua, siapa yang suka bermain saat jam istirahat sekolah?”  
“ selain bermain ada yang suka bernyanyi saat jam istirahat sekolah.”
“ dan masih banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan saat jam istirahat sekolah”
·         Guru menyampaikan informasi materi
“ anak- anak hari ini kita akan belajar tentang kegiatan di lingkungan sekolah”
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran hari ini diharapkan kalian memiliki kemampuan bernyanyi lagu daearah, bermain permaianan “ Kayu Malele”  dan membaca teks.
·         Guru menyampaikan apa saja yang akan di lakukan dalam pembelajaran kali ini.
“ kali ini kita akan bernyanyi, bermain, menulis dan membaca.”

6 menit
Kegiatan Inti

Ayo Bernyanyi
Mengamati
1.      Siswa dibagi menjadi 6- 5 kelompok
2.      Siswa diminta mengamati video tentang lagu gundhul- gundhul pacul yang akan di putarkan guru.
3.      Siswa mendengarkan nyanyian lagu Gundul-gundul Pacul .
Menanya
4.      Siswa diminta bertanya apa bila ada yang belum jelas dari putaran video, dan guru dapat memutarkan lagi sambil menjelaskan asal lagu daerah tersebut.
Mengumpulan Informasi
5.      Guru membagikan lembar tugas untuk melengkapi lirik lagu Gudhul Pacul yang masih kosong.
Mengolah Informasi
6.      Siswa diminta melengkapi lirik lagu yang kosong.
7.      Guru membimbing siswa mendiskusikan isi lagu rumpang yang telah dilengkapi.
mengkomunikasikan
8.      Siswa menyanyikan lagu Gundhul Pacul yang telah dilengkapi dengan tepat secara klasikal.
9.      Guru bertanya tentang informasi daerah asal lagu Gundhul Pacul yang telah dinyanyikan siswa selanjutnya guru memberikan pertanyaan tentang lagu daerah asalsiswa.
10.  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan guru.


Ayo Berlatih
Mengamati
1.      Guru memutarkan vidio permainan kayu malele.
2.      Siswa mengamati vidio tentang permainan kayu malele.
Mengumpulkan Informsi
3.      Setiap kelompok dibagikan kertas yang berisi gambar permaian malele. Sambil guru menjelaskan kalian akan mengurutkan gambar tersebut menjadi sebuah permainan
4.      Guru menempelkan gambar acak terkait permainan kayu malele
Mengolah Informasi
5.      Siswa mengurutkan gambar acak tentang permainan Kayu Malele.
6.      Siswa mendiskusikan urutan gambar seri yang utuh.
Mengkomunikasikan
7.      Siswa menempelkan hasil kerja kelompok di depan.
8.      Siswa menjelaskan permainan kayu malele berdasarkan gambar yang telah disusun dengan utuh dan tepat.
9.      Guru memberikan penjelasan terkait daerah asal permainan kayu malele.




Ayo Membaca
Mangamati
1.      Siswa membaca teks bacaan tentang permainan kayu malele.
Mengolah Informasi
2.      Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan sikap hidup rukun dalam bermain.


Ayo Berdiskusi
Mengamati
1.      Guru membimbing dan mengarahkan siswa untuk berdiskusi dengan penuh rasa tanggung jawab.
Mengolah Informasi
2.      Siswa mendiskusikan jawaban pertanyaan yang didapat.
·         Sebutkan contoh sikap bersatu yang dapat dilakukan dilingkungan sekolah?
Mengkomunikasikan
3.      siswa membacakan hasil diskusi.
Mengolah Informasi
4.      guru menugasakan siswa untuk bertanya pada teman satu kelompok tentang kegemaran/ hobi mereka secara bergantian.
5.      Siswa bertanya tentang  keberagaman teman-teman satu kelompok berdasarkan jenis kelamin.
Mengkomunikasikan
6.      Siswa menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelompok berdasarkan kegemaran/hobi.

25 menit
Kegiatan Penutup
Ø  Kegiatan ditutup dengan mengingatkan kembali apa saja yang dipelajari hari ini.
“ anak- anak hari ini kita belajar tentang apa saja?”
Ø   Guru memberikaan evaluasi kepada siswa.
Ø  Guru bertanya kepada siswa tentang bagaimana pembelajaran hari ini. Apa ada yang perlu diperbaiki atau di pertahan kan cara belajarnya.
“ anak- anak bagaimana pembelajaran kali ini? Apa kalian senang?”
Ø  Guru memberikan tugas rumah kepada siswa untuk menuliskan apa saja permaian tradisional yang mereka ketahui.
“ anak- anak untuk tugas di rumah ibu minta kalian menuliskan permaian tradisional apa saja yang kalian ketahui. Kalian dapat minta bantuan kepada orang tua kalian atau kakak kalian di rumah.”
Ø  Guru mengingatkan siswa untuk belajar dirumah dan membaca materi selanjutnya tentang materi selanjutnya.
“anak- anak selain mengerjakan tugas rumah, jangan lupa nanti untuk mempelajari materi selanjutnya juga.”
Ø  Sebelum menutup pembelajaran salah satu siswa memimpin doa.
Ø  Guru menutup pelajaran untuk mengakhiri pertemuan dengan mengucap salam

4 menit







H.    Penilaian

  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis  (terlampir).
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Sikap
1)   Observasi
b.      Penilaian Keterampilan
1)   Penilaian Kinerja.
b.      Penilaian Hasil Belajar
1)   uraian.
2)   Isian singkat








Mengetahui,   
                 Kepala Sekolah




......................................................
   NIP 
Kediri ,
Guru Mata Pelajaran,




....................................................
   NIP



LAMPIRAN 1
RINGKASAN MATERI


Lagu dearah yang berasal dari Jawa Timur
Ø  Cublak- cublak Suweng
Ø  Rek Ayo Rek
Ø  Tanduk Majeng
Ø  Bapak Tane
Permainan Kayu Malele
Permainan Kayu Malele merupakan salah satu permainan tradisional yang berasal dari Kabupaten Biak Numfor ( Papua ).
Langkah- langkah permainan Kayu Malele
·         Membentuk dua team dan melakukan suten, kelompok yang kalah bertugas menangkap kayu yang akan di ayun kan, kelompk yang menang bertugas melempar kayu
·         Menyiapkan alat untuk bermain, kayu berukuran kecil ( 20 cm ) diletakan melintang diatas lubang, kayu berukuran besar (50 cm) digunakan untuk melempar ukuran kecil.
·         Kelompok yang menang ketika suten memukul kayu sejauh – jauh nya.
·         Kelompok yang kalah ketika suten menangkap yang telah dilempar.
·         Jika tidak berhasil menangkap kayu kelompok yang melempar mulai menghitung dari tempat dimana kayu kecil itu jatuh hingga kelubang

Membaca cerita tentang bermain kayu Malele
Edo, Beni dan teman–teman bermain kayu Malele.
Mereka membentuk dua kelompok pemain.
Edo dan Beni jadi ketua kelompok.
Anggota kelompok Edo adalah Dayu dan Siti.
Anggota kelompok Beni adalah Udin dan Lani,
Setelah diundi, kelompok Edo menjadi kelompok penyerang.
Lalu semua pemain bersama–sama mempersiapkan alat dan tempat untuk bermain.
Saat permainan dimulai, semua bermain dengan gembira.



LAMPIRAN 2
MEDIA
                    i.            Vidio dan lirik lagu “gundul-gundul pacul”
                  ii.            Vidio permainan kayu malele

                iii.            Gambar acak aktivitas permainan kayu malele



LAMPIRAN 3
LEMBAR KERJA KELOMPOK

1.      Lengkapilah lirik lagu berikut ini !

Bila lirik lagunya sudah lengkap, ayo bernyanyi bersama-sama!
Tahukah kamu lagu daerah asalmu?

Bisakah kamu menyanyikannya?
2.      Urutkanlah gambar berikut ini!
Description: UNP.jpg
Diskusikan bersama kelompokmu gambar yang telah kalian urutkan, lalu deskripsikan urutan gambar tersebut menjadi sebuah cerita!


Membaca cerita tentang bermain kayu Malele
Edo, Beni dan teman–teman bermain kayu Malele.
Mereka membentuk dua kelompok pemain.
Edo dan Beni jadi ketua kelompok.
Anggota kelompok Edo adalah Dayu dan Siti.
Anggota kelompok Beni adalah Udin dan Lani,
Setelah diundi, kelompok Edo menjadi kelompok penyerang.
Lalu semua pemain bersama–sama mempersiapkan alat dan tempat untuk bermain.
Saat permainan dimulai, semua bermain dengan gembira.


Berdiskusi dan menjawab pertanyaan dengan bertanggung jawab
1.      Sebutkan  contoh sikap bersatu yang dapat dilakukan di sekolah?



Tanyalah teman satu kelompok kalian apa kegemaran atau hobi mereka secara bergantian.

No.
NAMA
HOBI

























LAMPIRAN 4
PENILAIAN
1.      Penilaian Sikap
No
Nama
Percaya diri
Santun
Kerja sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













Dst.














Kriteria sikap (percaya diri)
  1. Memiliki inisiatif
  2. Yakin dalam menjawab soal
  3. Berani menyampaikan pendapat
Kriteria sikap (santun)
  1. Berpakaian sopan
  2. Menghargai usaha orang lain
  3. Tidak menyela pembicaraan
Kriteria sikap (kerja sama)
1.      Memberikan pendapat
2.      Mencari jawaban pertanyaan
3.      Mencari materi (berberapa sumber)

Rubik penilaian Bernyanyi

No
Nama
Kriteria
Jumlah skor
Nilai
Kesesuaian lafal dengan lirik lagu
Intonasi suara
Antusiasme dalam bernyanyi
1






2






3













Dst.








2.      Penilaian Pengetahuan
Soal evaluasi
1.      Tulislah lirik lagu gundhul pacul?
2.      Sebutkan 3 pesan dari permainan kayu malele?
3.      Sebutkan hobi teman kalian dalam satu kelompok?



Kunci jawaban

1.     

2.       
·         Membentuk dua team dan melakukan suten, kelompok yang kalah bertugas menangkap kayu yang akan di ayun kan, kelompk yang menang bertugas melempar kayu
·         Menyiapkan alat untuk bermain, kayu berukuran kecil ( 20 cm ) diletakan melintang diatas lubang, kayu berukuran besar (50 cm) digunakan untuk melempar ukuran kecil.
·         Kelompok yang menang ketika suten memukul kayu sejauh – jauh nya.
·         Kelompok yang kalah ketika suten menangkap yang telah dilempar.
·         Jika tidak berhasil menangkap kayu kelompok yang melempar mulai menghitung dari tempat dimana kayu kecil itu jatuh hingga kelubang.

3.      Jawaban sesuai dengan kegiatan wawancara

Kriteria penilaian soal no 1
ª      Gundhul- gundhul pacul- cul gembelengan    ( sampai lirik ini mendapat nilai 1)
ª      Nyunggi- nyunggi wakul- kul gembelengan   ( sampai lirik ini mendapat nilai 1)
ª      Wakul ngglimpang segane dadi sak latar        ( sampai lirik ini mendapat nilai 1)
ª      Wakul ngglimpang segane dadi sak latar        ( sampai lirik ini mendapat nilai 1)
ª      menjawab bernar semua mendapat nilia 4
Kriteria soal no 2
ª      bermain sesuai dengan aturan
ª      melatih kerjasama  dan kekompokan
ª      mengatur strategi dalam permainan
ª      melatih sosialisai anak
ª      skor maksimal 3
Kriteria penilaian soal no 3
ª      Menyebutkan hobi  6 teman dalam 1 kelompok mendapat nilai 3
ª      Menyebutkan hobi 4 teman dalam 1 kelompok mendapat nilai 2
ª      Menyebutkan hobi 2 teman dalam 1 kelompok mendapat nilai 1
ª      Tidak menyebutkan hobi teman mendapat nilai 0
ª      Skor maksimal 3


No
Nama siswa
Soal urutan
Jumlah skor
Nilai
1
2
3
1






2






3









































Dst.







Skor maksimal soal evaluasi 12
NILAI =

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tembang Pocung Sing Mujudake Cangkriman

RPP KELAS 1 TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1

Jenis- Jenis Majas & Sarana Retorika