RPP Kelas 2 tema bermain di lingkunganku subtema bermain di lingkungan sekolahku pem 4
TUGAS PEMBELAJARAN PKN DI SD
MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kelas :
2F
Anggota
Kelompok :
1. AIIMATUS
SHOLIKAH
2. RAHMA
NUR MAULINA
3.
PUTRA HARISMA L.
4.
ERIN
Universitas
Nusantara PGRI kediri
Prodi PGSD
2013/2014
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SD Negeri Suka Rame
Tema
: bermain di
lingkunganku
Subtema : bermain di lingkungan
sekolahku
Kelas
/ Semester : II / 1
Pembelajaran
Ke : 4
Alokasi
Waktu : 1 x 35 menit
A.
Kompetensi
Inti :
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator :
PPKN
3.4 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan
di sekolah.
3.3.5 Menyebutkan
keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan jenis kelamin.
3.3.6 Menyebutkan
keberagamn teman-teman satu kelas berdasarkan kegemaran.
4.3
Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah
4.3.6 Menceritakan
perilaku rukun dengan teman di sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran,
sifat(karakter), agama dan suku bangsa.
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks
cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.6 Menceritakan
berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar.
4.2 Memperagakan teks
cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.3 Membacakan cerita
narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
SBDP
3.3 Mengenal
pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata
dengan alat musik
3.3.1
Bernyanyi lagu gundul-gundul pacul
C.
Tujan
Pembelajaran
Ø Dengan
mendengarkan penjelasan guru tentang lagu-lagu daerah, siswa dapat menyebutkan
lagu daerah tempat tinggal mereka dengan percaya diri dan bertanggung jawab.
Ø Dengan
mendengarkan penjelasan guru terkait lagu gundul-gundul pacul, siswa dapat
menunjukkan asal lagu Gundhul Pacul dengan cermat dan percaya diri.
Ø Setelah
melihat video tentang lagu “Gudhul Pacul”, siswa dapat melengkapi lirik lagu
“Gundhul Pacul” dengan tapat.
Ø Dengan
melakukan kegiatan melengkapi lirik lagu yang kosong, siswa dapat menyanyikan
lagu “Gundhul Pacul” secara bersama-
sama dengan percaya diri.
Ø Setelah
melihat Video tentang permaianan “ Kayu Malele
“ siswa dapat mengurutkan gambar permainan “ Kayu Malele “ dari awal hingga akhir dengan cermat.
Ø Dengan mengamati video dan mengurutkan gambar permaianan “ Kayu Malele”, siswa dapat mendiskripsikan
permainan “ Kayu Malele “ dengan benar.
Ø Dengan
mendiskripsikan permainan “Kayu Malele”, siswa dapat membacakan cerita narasi
di depan kelas dengan percaya diri.
Ø Setelah
mendeskripsikan permainan “Kayu Malele” siswa dapat menyebutkan 3 pesan yang
terkandung dalam permainan “Kayu Malele” dengan tepat.
Ø Dengan
tanya jawab terkait hobi temannya, siswa dapat menyebutkan keberagaman
teman-teman satu kelompok berdasarkan jenis kelamin dengan cermat dan percaya
diri.
D.
Materi
Pokok
1. Mengidentifikasi
berbagai lagu daerah.
2. Menyebutkan
asal lagu gundhul pacul.
3.
Melengkapi lirik lagu
yang masih kosong.
4. Menyanyikan
lagu gundhul pacul.
5. Mengurutkan
gambar permainan kayu malele.
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example, picture and picture
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.
Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
a. Media :
Ø Vidio
dan lirik lagu “gundul-gundul pacul”
Ø Vidio
permainan kayu malele
Ø Gambar
acak aktivitas permainan kayu malele
b.
Alat
:
Ø Kertas
manila
Ø selotip
c.
Sumber
belajar :
Ø Buku
Pedoman Guru Tema 2 Kelas 2 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
G.
Langkah-
Langkah
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiaan
Pendahuluan
|
·
Guru membuka pelajaran dengan salam
dilanjutkan dengan berdoa yang di pimpin perwakilan siswa.
·
Melakukan komunikasi tentang kehadiran
siswa.
·
Guru melakukan apersepsi dengan
mengarahkan siswa kepada materi dengan bertanya.
“Selamat pagi anak-anak…? Bagaimana keadaan kalian hari
ini? ”Nah sekarang ibu ingin bertanya pada
kalian semua, siapa yang suka bermain saat jam
istirahat sekolah?”
“
selain bermain ada yang suka bernyanyi saat jam istirahat sekolah.”
“ dan
masih banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan saat jam istirahat sekolah”
·
Guru menyampaikan informasi materi
“ anak- anak
hari ini kita akan belajar tentang kegiatan di lingkungan sekolah”
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
”Setelah kegiatan pembelajaran hari ini diharapkan kalian
memiliki kemampuan bernyanyi lagu daearah, bermain permaianan “ Kayu
Malele” dan membaca teks.”
·
Guru menyampaikan apa saja yang akan
di lakukan dalam pembelajaran kali ini.
“ kali ini kita akan bernyanyi, bermain, menulis
dan membaca.”
|
6
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Ayo Bernyanyi
Mengamati
1. Siswa
dibagi menjadi 6- 5 kelompok
2. Siswa
diminta mengamati video tentang lagu gundhul- gundhul pacul yang akan di
putarkan guru.
3. Siswa mendengarkan nyanyian lagu
Gundul-gundul Pacul .
Menanya
4.
Siswa diminta bertanya
apa bila ada yang belum jelas dari putaran video, dan guru dapat memutarkan
lagi sambil menjelaskan asal lagu daerah tersebut.
Mengumpulan Informasi
5. Guru membagikan
lembar tugas untuk melengkapi
lirik lagu Gudhul Pacul yang masih kosong.
Mengolah
Informasi
6. Siswa
diminta melengkapi lirik lagu yang kosong.
7. Guru membimbing siswa mendiskusikan isi
lagu rumpang yang telah dilengkapi.
mengkomunikasikan
8. Siswa menyanyikan lagu Gundhul Pacul yang
telah dilengkapi dengan tepat secara klasikal.
9. Guru bertanya tentang informasi daerah asal
lagu Gundhul Pacul yang telah dinyanyikan siswa selanjutnya guru memberikan
pertanyaan tentang lagu daerah asalsiswa.
10. Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan
guru.
Ayo Berlatih
Mengamati
1. Guru memutarkan vidio permainan kayu
malele.
2. Siswa mengamati vidio tentang permainan
kayu malele.
Mengumpulkan Informsi
3. Setiap
kelompok dibagikan kertas yang berisi gambar permaian malele. Sambil guru
menjelaskan kalian akan mengurutkan gambar tersebut menjadi sebuah permainan
4. Guru menempelkan gambar acak terkait
permainan kayu malele
Mengolah Informasi
5. Siswa mengurutkan gambar acak tentang
permainan Kayu Malele.
6. Siswa mendiskusikan urutan gambar seri yang
utuh.
Mengkomunikasikan
7. Siswa menempelkan hasil kerja kelompok di
depan.
8. Siswa menjelaskan permainan kayu malele
berdasarkan gambar yang telah disusun dengan utuh dan tepat.
9. Guru memberikan penjelasan terkait daerah
asal permainan kayu malele.
Ayo
Membaca
Mangamati
1.
Siswa
membaca teks bacaan tentang permainan kayu malele.
Mengolah Informasi
2.
Siswa
menjawab pertanyaan berkaitan dengan sikap hidup rukun dalam bermain.
Ayo
Berdiskusi
Mengamati
1.
Guru
membimbing dan mengarahkan siswa untuk berdiskusi dengan penuh rasa tanggung
jawab.
Mengolah
Informasi
2.
Siswa
mendiskusikan jawaban pertanyaan yang didapat.
·
Sebutkan contoh sikap bersatu yang dapat
dilakukan dilingkungan sekolah?
Mengkomunikasikan
3.
siswa membacakan hasil diskusi.
Mengolah Informasi
4.
guru menugasakan siswa untuk bertanya pada teman
satu kelompok tentang kegemaran/ hobi mereka secara bergantian.
5.
Siswa
bertanya tentang keberagaman
teman-teman satu kelompok berdasarkan jenis kelamin.
Mengkomunikasikan
6.
Siswa
menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelompok berdasarkan kegemaran/hobi.
|
25
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Ø Kegiatan
ditutup dengan mengingatkan kembali apa saja yang dipelajari hari ini.
“ anak- anak hari ini kita belajar tentang apa saja?”
Ø Guru memberikaan evaluasi kepada siswa.
Ø Guru
bertanya kepada siswa tentang bagaimana pembelajaran hari ini. Apa ada yang
perlu diperbaiki atau di pertahan kan cara belajarnya.
“ anak- anak bagaimana pembelajaran kali ini? Apa
kalian senang?”
Ø Guru
memberikan tugas rumah kepada siswa untuk menuliskan apa saja permaian
tradisional yang mereka ketahui.
“ anak- anak untuk tugas di rumah ibu minta kalian
menuliskan permaian tradisional apa saja yang kalian ketahui. Kalian dapat
minta bantuan kepada orang tua kalian atau kakak kalian di rumah.”
Ø Guru
mengingatkan siswa untuk belajar dirumah dan membaca materi selanjutnya
tentang materi selanjutnya.
“anak- anak selain mengerjakan tugas rumah, jangan
lupa nanti untuk mempelajari materi selanjutnya juga.”
Ø Sebelum
menutup pembelajaran salah satu siswa memimpin doa.
Ø Guru
menutup pelajaran untuk mengakhiri pertemuan dengan mengucap salam
|
4
menit
|
H.
Penilaian
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain
Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis (terlampir).
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian
Sikap
1) Observasi
b.
Penilaian
Keterampilan
1) Penilaian
Kinerja.
b.
Penilaian
Hasil Belajar
1) uraian.
2) Isian
singkat
Mengetahui,
Kepala Sekolah
......................................................
NIP
|
Kediri
,
Guru
Mata Pelajaran,
....................................................
NIP
|
LAMPIRAN
1
RINGKASAN
MATERI
Lagu dearah yang berasal dari Jawa Timur
Ø Cublak-
cublak Suweng
Ø Rek
Ayo Rek
Ø Tanduk
Majeng
Ø Bapak
Tane
Permainan Kayu Malele
Permainan Kayu
Malele merupakan salah satu permainan tradisional yang berasal dari Kabupaten
Biak Numfor ( Papua ).
Langkah- langkah
permainan Kayu Malele
·
Membentuk dua team dan
melakukan suten, kelompok yang kalah bertugas menangkap kayu yang akan di ayun
kan, kelompk yang menang bertugas melempar kayu
·
Menyiapkan alat untuk
bermain, kayu berukuran kecil ( 20 cm ) diletakan melintang diatas lubang, kayu
berukuran besar (50 cm) digunakan untuk melempar ukuran kecil.
·
Kelompok yang menang
ketika suten memukul kayu sejauh – jauh nya.
·
Kelompok yang kalah
ketika suten menangkap yang telah dilempar.
·
Jika tidak berhasil
menangkap kayu kelompok yang melempar mulai menghitung dari tempat dimana kayu
kecil itu jatuh hingga kelubang
Membaca cerita tentang bermain kayu
Malele
Edo, Beni dan teman–teman bermain kayu
Malele.
Mereka membentuk dua kelompok
pemain.
Edo dan Beni jadi ketua kelompok.
Anggota kelompok Edo adalah Dayu
dan Siti.
Anggota kelompok Beni adalah Udin
dan Lani,
Setelah diundi, kelompok Edo
menjadi kelompok penyerang.
Lalu semua pemain bersama–sama
mempersiapkan alat dan tempat untuk bermain.
Saat permainan dimulai, semua bermain
dengan gembira.
LAMPIRAN 2
MEDIA
i.
Vidio dan lirik lagu
“gundul-gundul pacul”
ii.
Vidio permainan kayu
malele
iii.
Gambar acak aktivitas
permainan kayu malele

LAMPIRAN 3
LEMBAR KERJA KELOMPOK
1. Lengkapilah lirik lagu berikut ini !

Bila
lirik lagunya sudah lengkap, ayo bernyanyi bersama-sama!
Tahukah
kamu lagu daerah asalmu?
Bisakah kamu
menyanyikannya?
2. Urutkanlah
gambar berikut ini!
Diskusikan
bersama kelompokmu gambar yang telah kalian urutkan, lalu deskripsikan urutan
gambar tersebut
menjadi sebuah cerita!
Membaca cerita tentang bermain kayu
Malele
Edo,
Beni dan teman–teman bermain kayu Malele.
Mereka
membentuk dua kelompok pemain.
Edo
dan Beni jadi ketua kelompok.
Anggota
kelompok Edo adalah Dayu dan Siti.
Anggota
kelompok Beni adalah Udin dan Lani,
Setelah
diundi, kelompok Edo menjadi kelompok penyerang.
Lalu
semua pemain bersama–sama mempersiapkan alat dan tempat untuk bermain.
Saat
permainan dimulai, semua bermain dengan gembira.
Berdiskusi dan menjawab pertanyaan dengan
bertanggung jawab
1. Sebutkan
contoh sikap bersatu yang dapat dilakukan
di sekolah?
Tanyalah
teman satu kelompok kalian apa kegemaran atau hobi mereka secara bergantian.
No.
|
NAMA
|
HOBI
|
LAMPIRAN 4
PENILAIAN
1.
Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Percaya
diri
|
Santun
|
Kerja
sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
Dst.
|
Kriteria sikap
(percaya diri)
- Memiliki inisiatif
- Yakin dalam menjawab soal
- Berani menyampaikan pendapat
Kriteria sikap
(santun)
- Berpakaian sopan
- Menghargai usaha orang lain
- Tidak menyela pembicaraan
Kriteria sikap (kerja sama)
1. Memberikan
pendapat
2. Mencari
jawaban pertanyaan
3. Mencari
materi (berberapa sumber)
Rubik penilaian
Bernyanyi

No
|
Nama
|
Kriteria
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||
Kesesuaian lafal dengan lirik lagu
|
Intonasi suara
|
Antusiasme dalam bernyanyi
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
Dst.
|
2.
Penilaian
Pengetahuan
Soal evaluasi
1. Tulislah
lirik lagu gundhul pacul?
2. Sebutkan
3 pesan dari permainan kayu malele?
3. Sebutkan
hobi teman kalian dalam satu kelompok?
Kunci jawaban
1.


2.
·
Membentuk dua team dan
melakukan suten, kelompok yang kalah bertugas menangkap kayu yang akan di ayun
kan, kelompk yang menang bertugas melempar kayu
·
Menyiapkan alat untuk
bermain, kayu berukuran kecil ( 20 cm ) diletakan melintang diatas lubang, kayu
berukuran besar (50 cm) digunakan untuk melempar ukuran kecil.
·
Kelompok yang menang
ketika suten memukul kayu sejauh – jauh nya.
·
Kelompok yang kalah
ketika suten menangkap yang telah dilempar.
·
Jika tidak berhasil
menangkap kayu kelompok yang melempar mulai menghitung dari tempat dimana kayu
kecil itu jatuh hingga kelubang.
3. Jawaban
sesuai dengan kegiatan wawancara
Kriteria
penilaian soal no 1
ª Gundhul-
gundhul pacul- cul gembelengan ( sampai
lirik ini mendapat nilai 1)
ª Nyunggi-
nyunggi wakul- kul gembelengan ( sampai
lirik ini mendapat nilai 1)
ª Wakul
ngglimpang segane dadi sak latar (
sampai lirik ini mendapat nilai 1)
ª Wakul
ngglimpang segane dadi sak latar (
sampai lirik ini mendapat nilai 1)
ª menjawab
bernar semua mendapat nilia 4
Kriteria
soal no 2
ª bermain
sesuai dengan aturan
ª melatih
kerjasama dan kekompokan
ª mengatur
strategi dalam permainan
ª melatih
sosialisai anak
ª skor
maksimal 3
Kriteria
penilaian soal no 3
ª Menyebutkan
hobi 6 teman dalam 1 kelompok mendapat
nilai 3
ª Menyebutkan
hobi 4 teman dalam 1 kelompok mendapat nilai 2
ª Menyebutkan
hobi 2 teman dalam 1 kelompok mendapat nilai 1
ª Tidak
menyebutkan hobi teman mendapat nilai 0
ª Skor
maksimal 3
No
|
Nama siswa
|
Soal urutan
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||
1
|
2
|
3
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
Dst.
|
Skor
maksimal soal evaluasi 12
NILAI
= 

Komentar
Posting Komentar